internet satelit

Bagaimana Cara Gunakan Wireless Router dengan Internet Satelit?

Layanan internet satelit saat ini makin banyak digemari terutama untuk mereka yang tinggal di tempat dengan akses internet yang terbatas. Sebab, internet berbasis satelit ini bisa menjangkau tempat tak terjamah seperti tengah laut, pegunungan, dan masih lainnya. Internet berbasis satelit ini dihubungkan dengan wireless router. Bagaimana cara gunakannya?

Apa Itu Internet Berbasis Satelit?

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menggunakannya, ada baiknya Anda ketahui dulu apa yang dimaksud dengan internet berbasis satelit ini. Berbeda dengan koneksi internet pada umumnya, layanan ini menggunakan sebuah piranti berupa piringan yang berguna untuk menerima sinyal yang dikirimkan satelit yang mengelilingi orbitnya.

Agar bisa menjadi optimal, piringan tersebut harus dalam kondisi baik agar lalu lintas komunikasi bisa lancar. Jika tidak, tentunya komunikasi bisa terganggu. Namun, selain menggunakan piringan untuk menerima sinyal, saat ini sudah tersedia wireless router yang fungsinya sama dengan piringan tersebut.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan internet berbasis satelit ini, ada baiknya Anda tahu bahwa penerimaan sinyal internet ini cenderung lebih lama bila dibanding internet biasa. Hal ini dikarenakan sinyal yang digunakan berasal dari luar angkasa dan dipengaruhi juga oleh latensi.

Baca juga : Berbagai Perlengkapan Navigasi Terbaik dari Furuno

Latensi ini sendiri adalah proses transfer data yang mengalami penundaan. Pengiriman jadi lebih lambat karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui mulai dari menuju provider, ke satelit dan balik lagi ke provider. Namun, cara ini jelas lebih baik untuk daerah terbatas sinyal bila dibanding memanfaatkan internet biasa.

Cara Menggunakan Wireless Router untuk Internet Berbasis Satelit

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa terhubung dengan internet satelit ini. Pertama, Anda harus menghubungi penyedia jasa layanan lebih dulu. Nantinya, mereka akan menginstal sistem yang dibutuhkan di tempat Anda. Jika instalasi sistem sudah dilakukan, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasang parabola.

Anda juga wajib memasang modem satelit. Kedua benda ini memiliki tujuan untuk menerima dan mengirimkan sinyal yang dibutuhkan untuk komunikasi. Jangan kira setelah memasang parabola dan modem satelit, internet berbasis satelit sudah bisa digunakan, ya! Belum. Nantinya, pihak provider masih harus melakukan uji coba jaringan lebih dulu.

Jika sudah menyambung, barulah pihak provider akan memasangkan woreless router pada jaringan Anda. Caranya dengan meletakkannya di sebelah modem satelit tadi. Jangan lupa untuk menancapkan kabel listrik ke stop kontak lebih dulu agar bisa terhubung, ya!

Disini jual berbagai peralatan telephone dan internet satelit

Jika sudah, Anda wajib mengambil kabel ethernet dan mencolokkannya pada salah satu ujung LAN port modem satelit. Lalu, di ujung yang lain, Anda wajib memasang internet wde area network atau WAN pada port router tersebut.

Selanjutnya, Anda harus menginstal software untuk menghubungkan roter dan komputer. Jangan lupa, cek satu per satu lebih dulu untuk memastikan koneksi yang didapat lancar. Kalau tak ada software, maka Anda harus menghubungkan kabel ethernet ke kompter dan kabel ethernet ujung lain ke port terbuka di router Anda.

Tunggu beberapa saat. Nantinya komputer akan mendeteksi dan membuat koneksi baru. Jika sudah, Anda bisa langsung melihat koneksi internet di bagian bawah layar komputer. Bila berhasil, maka ikon tersebut akan muncul. Anda kini bisa menikmati layanan internet berbasis satelit untuk berkomunikasi dan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Apakah cara ini bisa digunakan untuk semua jenis komputer? Sebenarnya, cara ini hampir bisa digunakan untuk semua komputer yang dilengkapi dengan fitur wireless. Bila tidak ada fitur tersebut, maka cara ini tak bisa digunakan melainkan Anda wajib menginstal dulu aplikasi yang diperlukan.

Sementara untuk kekuatan sinyal yang didapat dari wireless ini sangat bervariasi. Tergantung dari tempat di mana Anda berada. Selain itu, pastikan router yang Anda miliki letaknya tak terhalang sesuatu. Hal ini cukup membantu untuk menguatkan sinyal.

Nah, itulah cara yang bisa diterapkan untuk memasangkan wireless router pada internet satelit. Memang terlihat agak ribet karena butuh bantuan provider lebih dulu alias tak bisa dipasang sendiri. Namun, dengan cara ini setidaknya bagi Anda yang berada di daerah susah sinyal, bisa terhubung dengan orang di luar sana.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email